Vrydag 22 Maart 2013

Cara Mendidik Anak



Cara mendidik anak - Sudah menjadi harapan seluruh orang tua di dunia, memiliki anak yang dapat berbakti kepada orang tua, menghargai sesama manusia dan berguna bagi bangsa dan negara.
Perkembangan kepribadian anak tidak terlepas dari peranan orang tua dalam membimbing anak serta bagaimana cara mendidik anak dengan benar dan dapat diterima dari cara berpikir si anak.
Berikut ini adalah beberapa tips sederhana cara mendidik anak yang dalam prakteknya tentu harus dilakukan secara bijak :
  1. Tetap meluangkan waktu buat anak dalam kondisi sesibuk apapun. Tentu kita semua sepakat bahwa cara mendidik anak tidak sama dengan mendidik orang dewasa karena anak mempunyai kesenangan sendiri yang harus kita berikan pengakuan. dengan pendekatan semacam ini tentunya akan lebih mudah untuk meluruskan jalan pemikiran anak.
  2. Hindari ekspresi larangan terhadap anak secara spontan. hal ini dilakukan agar perasaan anak tidak terlukai. untuk menunjukkan hal - hal yang baik dan yang buruk, akan lebih bijak jika diberikan contoh di sekitar kita bahwa hal ini baik atau hal ini buruk. cara mendidik anak membutuhkan kesabaran agar anak tidak mempunyai pemikiran untuk berontak.
  3. Tanamkan keimanan sejak dini. Berikan cerita ringan tentang agama, tokoh agama dan Tuhan.
  4. Turuti kehendak si anak dalam batas yang wajar. Berikan pengertian yang masuk akal dan berikan alternatif lain yang lebih menarik bagi anak.
  5. Mengajak anak selalu dalam keadaan ceria untuk mendidik anak agar terbiasa berpikir jernih. Cara mendidik anak seperti ini akan menumbuhkan sikap positif dalam pola pikir anak.
  6. Ceritakan tentang tokoh - tokoh yang sukses yang dapat menjadi teladan, berikan pengertian bahwa untuk menjadi seperti mereka harus belajar yang rajin, nurut sama orang tua dan berdo'a kepada Tuhan YME.
  7. Beri pengakuan yang baik buat anak kita tercinta. Cara seperti ini akan menumbuhkan rasa tanggung jawab karena dengan diberikan sebuah penghargaan akan membuat dia lebih mudah diarahkan sehingga dia sudah tahu mana hal - hal yang yang harus dilakukan.
Cara mendidik anak juga sangat tergantung dari perkembangan usia si anak. Semakin besar tentunya porsi pelajaran yang harus kita sampaikan akan lebih besar, dan yang lebih penting adalah tidak memaksa anak sebagai cara untuk mendidik anak.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking